Teru dan Kakek Bijaksana

Teru dan Kakek Bijaksana

Belajar Untuk Bersyukur

Pada suatu hari Teru datang menemui kakek tua yang terkenal dengan kebijaksanaanya. kakek ini dipercaya mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan dengan cara yang ajaib. Banyak orang yang  berdatangan dari segala penjuru negeri hanya untuk berkonsultasi dengannya. Teru sebenarnya ragu ragu untuk menghadap dan bertemu dengan kakek ini, karena ia tidak memiliki banyak uang.

Kakek itu bertanya, “Ada apa Nak?”

Teru menjawab, “Saya ingin bertanya tentang persoalan saya, tetapi saya tidak mempunyai uang untuk membayar Anda seperti tamu-tamu Anda tadi.”

Kakek Bijak itu berkata “Tidak Masalah. Saya hanya punya satu syarat untukmu, kamu harus mengikuti apa yang saya katakan,tanpa bertanya. Setuju’?”

Teru keheranan dan berkata  “Baik asalkan bukan masalah uang.”

Kakek itu berkata”Baiklah kalau kamu sudah berjanji, ceritakan apa masalahmu!”

Teru berkata “saya memiliki rumah kecil tanpa kamar, dan kini ada tiga keluarga  yang mengisi rumah kami. setiap keluarga memiliki 4 orang anak. Rumah sangat berantakan dan sempit. saya merasa  tidak dapatmenahan keadaan ini. saya merasa akan gila. Tolonglah saya, kek”
Kakek bertanya lagi “Selain penghuni rumah, apakah kamu punya binatang peliharaan?”

Teru Menjawab “Ada Kek, ada seekor sapi untuk diambil susu nya dan sepasang kambing juga untuk diambil susu nya, dan selusin ayam betina untuk diambil telur nya.”

Kakek Berkata,” Kamu pulang sekarang dan masukan semua binatang peliharaanmu yang kamu miliki kedalam rumah. Nanti dua minggu lagi kamu datang kemari lagi.”

Teru kaget bukan kepalang, ia ingin protes tetapi ia ingat akan janjinya kepada kakek bahwa dia tidak akan membantah dan bertanya apa-apa tentang saran kakek bijak itu. Teru membatin dan menyesal telah berjanji dan berfikir mungkin si kakek sudah pikun atau terkena penyakit lainnya. Teru pulang dengan perasaan super bingung, tetapi memutuskan untuk mengikuti petunjuk si kakek. Dua minggu kemudian Teru datang lagi pagi pagi sekali ketempat kakek bijaksana. dengan wajah kusut seperti kurang tidur.

Kakek bertanya,” Bagaimana keadaanmu sekarang?”

Teru Menjawab  “Waduh, jauh lebih parah, parah dan parah, saya benar benar hampir gila sekarang. Kami sekeluarga hampir Gila!”

Kakek berkata, “Bagus, Sekarang keluarkan binatang-binatang di dalam rumah ke tempat asalnya dan kamu boleh datang kembali setelah dua minggu lagi”

Dua minggu kemudian Teru datang menemui si kakek bijaksana itu dengan wajah berseri seri dan ia mengucapkan banyak terima kasih kepada kakek bijak karena mereka semua merasa bahagia sekarang, rumah bersih dan rapi, dan sekarang menjadi terasa lebih luas dari sebelumnya.

Pertanyaanya “Apa yang mengubah keadaan Teru”? bukankah keadaan rumahnya sama sebelum ia berangkat ke tempat kakek bijaksana?

Apa yang berubah? ya jawabannya adalah Pikiran dan perasaannya. ia tiba-tiba dapat melihat sudut kosong dalam rumahnya. ia dapat melihat sudut kosong dalam rumahnya, ia dapat melihat betapa bersihnya rumah yang ia tinggali, sebelumnya ia hanya melihat dan fokus pada masalah.  Tidak ada yang berubah, yang berubah hanyalah cara memandang suatu permasalahannya yang berubah. Hal yang sangat penting utuk dipertahankan  adalah seringkali tidak dibutuhkan lingkungan baru, tetapi cara pandang baru dalam melihat sesuatu..sukses adalah dari dalam keluar (in-out) bahagia juga dari dalam keluar. Banyak orang mencari kebahagiaan ke seluruh dunia. padahal kebahagiaan berasal dari dalam diri sendiri. dibutuhkan kemampuan untuk melihat dengan cara baru.

 

Teru dan Kakek Bijaksana - Teru Egawa

Teru dan Kakek Bijaksana

 

Selalu Bersyukur

Segala sesuatu yang terjadi bukanlah suatu kebetulan. Entah malang atau untung, pasti terjadi karena suatu tujuan dan alasan. Tugas Anda adalah menemukan hadiah tersembunyi dalam setiap kejadian, separah apa pun itu. Begitu Anda menemukan hadiah tersembunyi tersebut, Anda akan naik ke level pertumbuhan yang lebih tinggi. Setiap masalah diizinkan datang ke hidup Anda karena Pencipta Anda percaya bahwa Anda mampu mengatasinya. Dan saat berhasil mengatasi masalah tersebut, Anda telah menjadi pribadi yang semakin kuat dan lebih baik dari sebelumnya. Percayalah pada kekuatan doa, dan bergabunglah dengan Pencipta Anda. Tidak ada persoalan yang tidak ada pemecahannya. Pelajaran yang saya dapatkan adalah jalan Tuhan itu akan indah pada waktunya.

Alur cerita dan illustrasi gambar diolah dari : “Goldi dan Kakek Bijaksana” dari buku Genius Finansial by Bapak Alexander Andri.

Saya yakin kisah ini dapat menginspirasi teman-teman sekalian

Stay True,

Teru Egawa

Teru Egawa

 

Stay True,

Teru

Teru Egawa

(21400) Views

Comments

comments

One thought on “Teru dan Kakek Bijaksana