Cara Membangun Brand

Cara Membangun Brand

Cara Membangun Brand

Membangun merek dapat dilakukan dengan :
  1. Bergabung dan berpartisipasi dalam organisasi masyarakat dan profesional
  2. Menciptakan daya tarik untuk media
  3. Tetap berkomunikasi atau selalu meningkatkan hubungan baik dengan teman lama, keluarga, dan rekan bisnis.

Merek baru anda

“Tanpa memandang usia, terlepas dari posisi dan apa pun bisnis kita, kita semua perlu memahami pentingnya merek. Anda adalah CEO dari perusahaan anda sendiri yaitu “Aku.Inc”.

Personal Branding menjadi penting karena saat ini merek anda memiliki lebih banyak peluang untuk berkembang.

Branding bukan tindakan komunikasi yang dirancang untuk menipu orang lain atau pen-citraan yang bersifat kamuflase sehingga dari luar tampak baik sedangkan di dalamnya ternyata amburadul. Branding adalah serangkaian tindakan yang keluar dari kejujuran keikhlasan kebenaran serta sifat selalu menjaga amanah yang menjadi perilaku sehari-hari.

Kuncinya adalah jika anda ingin merek anda menjadi merek sejati maka jadikanlah diri anda cerminan dari kejujuran kepercayaan dan kebaikan, Langkah pertama dalam meningkatkan personal branding adalah mengetahui bagaimana orang lain memandang anda.

Tentukan kekuatan personal branding anda sendiri seperti : Selalu menghargai kejujuran, kreatif, senang bekerja, dapat dipercaya, rendah hati, sopan, selalu menjaga perasaan orang lain, dan yang paling penting adalah selalu melakukan hal hal yang baik dan benar.

Cara Membangun Merek Anda

Kita harus mengetahui siapa diri kita sebenarnya.

Pertama, nilailah diri kita sendiri. Apa nilai nilai paling berharga yang kita miliki yang kita anggap paling penting? Pertimbangkan nilai nilai tersebut dengan hati hati karena nilai itu akan membentuk dasar atau jantung merek kita.

Cara mengetahui apakah nilai tersebut sudah benar-benar ada dalam diri kita adalah dengan menanyakan kepada teman teman kita “apa yang terlintas dalam pikiran anda ketika anda memikirkan tentang diri saya?”

Jika tidak sesuai, maka tanyakan pada diri anda apa yang dapat anda lakukan untuk mengubah persepsi tersebut.

Langkah kedua adalah meninjau citra pribadi kita berkaitan dengan tempat kerja. Pakaian mungkin tidak bisa menyembunyikan sifat dan karakter seseorang, tapi suka atau tidak suka pakaian membuat pernyataan visual tentang siapa diri kita.

Apakah anda berpakaian rapi untuk pekerjaan yang anda miliki atau pekerjaan yang anda inginkan? Bagaimana anda merawat diri? Bagaimana bahasa tubuh anda ketika berbicara dengan rekan kerja atau atasan? Apakah anda selalu siap untuk rapat? Jika seorang rekan meminta sesuatu apakah anda bisa mencari atau mengakses nya dengan cepat? Bagaimana anda melayani kolega Anda dan pelanggan perusahaan anda ketika mereka mengajukan permintaan kepada anda? Apakah anda menjawab telepon dengan sopan? Bagaimana etiket menulis email anda? Apakah ruang kerja dan desktop komputer anda ter organisasi sehingga anda bisa mendapatkan data dengan cepat dan efisien? Apa kesan pertama yang muncul di benak tamu ketika pertama kali berkunjung ke kantor anda? Apakah anda selalu dapat meningkatkan kecepatan dan ketrampilan yang anda butuhkan untuk berprestasi di pekerjaan anda? Apakah anda mengambil keuntungan dari semua pelatihan yang ditawarkan?

 

Strategi pemasaran agar menjadi merek dunia :

Branding

Branding adalah sebuah elemen kunci dari strategi pemasaran perusahaan. Merek yang kuat membantu membangun identitas perusahaan di pasar, dan mengembangkan waralaba pelanggan yang solid.

Apabila kita ingin produk kita masuk ke pasar internasional, maka produk tersebut harus memiliki brand yang kuat, mudah diucapkan, mudah diingat, dan mudah dilihat. Kita juga harus mengintegrasikan nya ke dalam pasar domestik dan internasional.

Perspektif tentang branding internasional

Contoh : merek lampu Osram. Perusahaan yang dimiliki Siemens AG ini namanya diambil dari nama mineral Osmium dan Wolfram (bahan dasar pembuatan lampu). Namun di Polandia Osram artinya “saya akan membuang hajat di tubuh anda”. Apa jadinya kalau anda masuk ke supermarket polandia dan berkata “Saya mau Osram”.

Sebaliknya, menggunakan merek yang berbeda dapat mengangkat budaya lokal sehingga merek cepat di respons oleh pasar lokal. Beberapa perusahaan seperti P&G menggunakan nama merek domestik yang kuat di pasar internasional sebagai strategi.  Akibatnya P&G terus memperluas merek nya.

Dimensi Merek Internasional

Berdasarkan hasil beberapa studi mengenai merek internasional, arsitektur merek internasional pada suatu perusahaan dapat dikategorikan berdasarkan tiga dimensi kunci :

  1. Tingkat merek dalam perusahaan
  2. Tingkat merek dalam lingkup geografis (Yaitu jumlah negara tempat merek dipasarkan)
  3. Tingkat merek dalam lini produk (Yaitu jumlah produk yang digunakan dalam merek tersebut).

Ketiga dimensi tersebut memberikan dasar untuk mendefinisikan peran masing masing merek yaitu :

Strategi merek dengan menggunakan produk dominan

Perusahaan P&G menggunakan strategi produk dominan yang diberi merek Camay dan Pampers.

Strategi Branding Hybrid

Sejumlah perusahaan memiliki struktur merek hybrid, yaitu kombinasi antara merek perusahaan dan merek produk. Coca-Cola misalnya, menggunakan nama Coca-Cola di seluruh dunia, dengan berbagai varian produk.

Evolusi Merek Internasional

Perluasan merek ke seluruh negara membuat brand-brand mengalami perubahan yang disesuaikan dengan budaya dan karakteristik penduduk setempat.

 

Stay True,

Teru

Teru Egawa

(23414) Views

Comments

comments